Senin, 10 Mei 2010

Persaudaraan

Persaudaraan merupakan sebuah nilai universal yang senantiasa dicita-citakan oleh segenap umat manusia. Persaudaraan yang terjalin dengan tulus ikhlas akan menumbuhkan rasa saling menyayangi dan saling memiliki. Dari situlah kemudian muncul kepedulian dan kerjasama yang kemudian melahirkan persatuan kokoh nan kuat. Maka tidaklah salah apabila setiap agama mengajarkan mengenai pentingnya arti persaudaraan diantara sesama manusia. Keharmonisan dunia hanya akan tercapai apabila satu sama lain diantara masyarakat warga dunia, tanpa memandang agama, suku, ras, bangsa dan negara dapat senantiasa bergandengan erat dalam sebuah persaudaraan sejati.

Apabila kita membicarakan persaudaraan, maka tidak terlepas dari silaturahmi. Silaturahim sendiri merupakan hubungan kasih sayang diantara saudara sekandung atau serahim, yaitu bahwa semua umat manusia merupakan satu keturunan anak Adam yang terlahirkan melalui rahim Hawa Berarti silaturahim sejatinya tidak hanya terhadap saudara karena satu agama, namun bisa bermakna jauh lebih luas menyangkut semua insan manusia. 

Adapun beberapa keutamaan orang yang senantiasa menjaga silaturahim dengan kerabat, keluarga besar, teman, sobat, kenalan dan lain-lain diantaranya adalah dipanjangkan usianya, senantiasa dimudahkan segala macam urusannya, dan dibukakan lebar-lebar pintu rejeki baginya melalui jalan yang tiada terduga-duga. Kesibukan dan kendala jarak yang berjauhan barangkali sering menjadikan keterbatasan waktu bagi kita untuk saling mengunjungi. Namun di era modern sekarang ini, silaturahim dapat dirajut tanpa harus saling bertemu dan bertatap muka. Ada banyak sarana dan cara yang dapat dimanfaatkan. Ada telepon,  internet yang mempunyai sarana e-mail, chatting, ataupun blog serta berbagi pengalaman melalui web. Dengan demikian jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang seseorang dalam mempererat persaudaraan dan silaturahmi. 

Seperti yang dikatakan di atas bahwa persaudaraan tidak hanya saudara yang sedarah dengan kita, namun juga seluruh manusia di muka bumi ini baik yang berbeda agama, suku, ras, dan budaya ataupun yang sama dengan kita. Hendaknya kita tidak memilih-milih siapa yang hendak kita pererat tali persaudaraannya. karena dimata Allah semua makhluk adalah sama yang membedakannya ialah tingkata keimanan seseorang. 

Jika kita mempererat tali persaudaraan, maka akan tercipta kesatuan dan persatuan antar sesama manusia yang sangat erat. Dengan begitu tidak akan terdapat lagi perpecahan dan peperangan karena kita telah mempeersatukan diri dan mempererat persaudaraan.

Maka dari itu sangatlah penting kita menjaga dan memupuk rasa persaudaraan sejak dini agar tercipta kehidupan yang nyaman bagi manusia. Tidak hanya untuk kita sendiri, tetapi juga untuk lingkungan sekitar. . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar