Senin, 10 Mei 2010

Penyesalan

Penyesalan merupakan suatu bentuk rasa untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi pada diri seseorang. Seringkali orang mengatakan "Penyesalan selalu datang terakhir". Ungkapan ini bukan berarti  tanpa arti. Ungkapan ini mempunyai makna yaitu sebelum semuanya terlambat dan kita tidak bisa mengubah semua bahkan hanya bisa menyesalinya saja, lebih baik pikirkan terlebih dahulu suatu tindakan yang hendak dilakukan seseorang. 

Hidup tanpa penyesalan, berarti tidak melakukan sesuatu yang kelak akan mendatangkan penyesalan. Tiada yang tahu apa yang akan terjadi esok hari. Bisa jadi penyesalan hari ini tidak bisa lagi diperbaiki, sebab kesempatan itu telah berlalu, atau bahkan tidak pernah tiba. Justru menambah dalam penyesalan. Karena itu senantiasa melakukan tindakan yang terbaik adalah keharusan. Menjalani hidup sebaiknya hari ini, demi kebaikan di masa yang akan datang.

Bila penyesalan itu tanpa bisa dihindari timbul, maka ada dua pilihan yang bisa diambil. Pertama tenggelam semakin dalam pada lautan penyesalan. Menyiksa diri lebih lanjut. Atau yang kedua, yang merupakan suatu hal penting yang harus selalu kita ingat, yaitu menyadari bahwa segala sesuatu yang telah terjadi pada diri, baik atau pun buruk, itu adalah yang terbaik untuk kita.

Jangan jadikan sebuah penyesalan sebagai penyesalan belaka dan hanya melakukan hal-hal yang tak berguna. Jadikanlah penyesalan itu sebagai salah satu cara untuk menuju hidup yang lebih baik. Jadikanlah pengalaman pahit tersebut sebuah guru yang berharga. Karena dengan begitu kita bisa berpikir dengan bijak.

Jadikanlah penyesalan merupakan suatu anugrah dari Allah. Jadikanlah hal tersebut pembelajaran hidup yang indah yang akan mengubah kita menjadi manusia yang lebih baik lagi. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar