Senin, 31 Mei 2010

Pengorbanan

Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang memiliki arti persembahan. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa pengorbanan merupaka pemberian yang diilakukan sebagai sebuah pernyataan kebaktian seseorang. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang semata-mata tulus dan ikhlas. 

Pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat dirasakan bila kita membaca atau mendengarkan siraman rohani agama. Dari kisah para tokoh agama manusia memperoleh tauladan dan pelajaran bagaimana semestinya pengorbanan tersebut dilakukan.

Perbedaaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian, tentu terdapat pengorbanan. Antar sesama kawan sulit dikatakan pengabdian karena kata pengebdiang mengandung arti lebih rendah tingkatannya. Tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan pada sesama kawan.

Pengorbanan merupakan akibat dari sebuah pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwa. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrrih, tanpa terdapatnya sebuah perjanjia, tanpa ada transaksi, kapan saja diperlukan. Pengabdian lebih banyak menunjuk pada perbuatan, sedangkan pengorbanan lebih banyak menunjuk pada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran, perasaan, tenaga, biaya, ataupun waktu. Dalam pengabdian selalu dituntut sebuah pengorbanan. Tetapi pengorbanan belum tentu menuntut sebuah pengabdian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar