Senin, 31 Mei 2010

Kesepian

Kesepian berasal dari kata sepi yang mempunyai arti sunyi atau lenggang, sehingga kesepian dapat diartikan sebagai suatu perasaan yang sunyi atau lenggang, tiada berkawan. Setiap orang pasti pernah mengalami kesepian karena kesepian merupakan bagian hidup manusia. Lamanya rasa sepi tersebut terdapat pada diri seseorang tergantung pada mental orang tersebut serta kasus penyebabnya.


Sebab Terjadinya Kesepian

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang merasa kesepian. Frustasi dapat mengakibatkan kesepian. Dalam hai ini seseorang cenderung tidak mau diganggu oleh siapapaun untuk alasan apapun. Ia lebih senang sendiri dalam keadaan sepi, tidak bergaul dengan sesamanya, dsb. Ia cenderung lebih memilih hidup sendiri.

Bila kita perhatikan sepintas, keterasingan dan kesepian merupakan hal yang tidaklah sama, namun terdapat sebuah hubungan yang menjembataninya. Perbedaan antar keduanya terletak pada sebab akibat. Jadi kesepian itu merupakan akibat dari keterasingan. Keterasingan merupakan akibat dari sikap sombong, angkuh, kaku, keras kepala yang terdapat pada diri seseorang sehingga membuat ia dijauhi oleh kawan dan orang-orang dilingkungannya. Karena merasa dijauhi, maka orang yang sombong tersebut meresa kalau hidupnya terasing, terpencil dari keramaian hidup sehingga ia merasa kesepian.

Orang yang frustasi cenderung memiliki sikap rendah diri, sengaja menjauhi pergaulan ramai. Orang yang bersikap rendah diri cenderung pemalu, minder, merasa dirinya kurang berharga dibanding orang lain. Karena itu ia lebih suka menyendiri. Oleh sebab itu menyendiri merupakan akibat dari kesepian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar